Minggu, 05 Juni 2016

MOMEN DI BULAN PUASA!!


Momen yang paling kita tunggu disetiap tahunnya adalah Bulan Puasa, kenapa? Karna dibulan puasa itu penuh dengan keberkahan dan keunikan. Seperti cerita berikut ini , cekidot ...

          Disetiap menjelang puasa pasti orang pada ngumpul di pantai, disungai  dan disumur bersama untuk mensucikan diri. Rata-rata mereka itu biasanya mandi pake sampoan.  Tetapi beda halnya dengan orang yang botak, kehidupan mereka dihiasi dengan kegalauan dan kesedihan pada hari itu, karna rambut dikepala udah terlanjur di gundulin dan nggak bisa ikut sampoan  sambil mandi. Orang pada sampoan barengan dipantai. Yang botak cuman mandi menjomblo dikamar mandi. Orang menggunakan sampo untuk mencuci rambut dan dia cuman pake sabun batang untuk melicinkan botaknya. 



Selain itu juga, orang botak dilarang berkeliaran disiang hari bulan puasa, karna akan mengganggu aktivitas seorang pengemudi disaat dalam perjalanan. karna teori gue mengatakan "Besar kemungkinan pantulan sinar yang datang dari arah botak, akan memengaruhi tingkat kecelakaan bagi seorang pengemudi dijalan raya tersebut".

 Coba bayangin, pengemudi sedang asyik menyetir, tiba-tiba terkena dampak pantulan dari arah botak seseorang, dan akhirnya dia  jatuh dan lumpuh. Kan kasian?  Puasanya bisa jadi batal kalau terjadi hal tersebut. Jadi saran gue bagi yang botak tolong kalau keluar rumah jangan lupa ditutupi pake mukena, jilbab atau tempelin telor dadar kayak yang di foto ini, insyaallah nyawa seseorang akan terselamatkan. 

 



     


Disaat hari pertama, pasti mesjid selalu dipadati oleh orang sekampung dan sebatalion. Mukanya yang sekali setahun keliatan dimesjid, tiba-tiba muncul secara tiba-tiba dan memakai baju baru yang sengaja dibeli. yang istemewanya lagi, dia datang dengan beraninya sholat dibarisan paling terdepan, sambil memamer-mamerkan baju baru nya itu. Hingga pandangan satu jama'ah tertuju pada sosok yang berbaju baru itu, dan sholat pun jadi gak khusuk.

Itu masih seputar di sholat tarawih... kalau pas waktu sahurnya, para anak-anak setengah baya selalu mencari cara untuk membangunkan orang sekampung, mulai dari menyalakan petasan disekitar rumah,  menyewa bedug sakabupaten, dan yang lebih ekstrimnya  lagi  membangunkan orang dengan menyalakan granad di tengah-tengah kampung. Hingga satu kampung sampe lari terbirit-birit menyelamatkan diri. Dan yang paling banyak korban dari kejadian itu adalah para orang tua yang lanjut usia, karena diserang oleh penyakit jantung  dan langsung dilarikan kerumah sakit dan acara sahurpun dibatalkan


Dan itu masih sahur, kalau diwaktu menjelang magrib, tingkat keganasan seseorang akan meningkat disaat buka puasa. Yang dulu makan cuman ditemani sama es teh manis, tiba-tiba langsung ditemani sama jus dan puding.  Dan yang lebih ganasnya lagi disaat menu bukaan tinggal satu lagi yang terjual dipasaran, pasti banyak ibuk-ibuk yang berantam dengan beringasnya untuk mendapatkan satu gelas cendol tersebut. Sampe ada mayat ibuk-ibuk berjatuhan.. penuh dengan luka tusuk.. saking ngidamnya sama cendol tersebut.



 
Okeh.. terimakasi udah baca? jangan lupa komentar dan sarannya ya.
Assalamu'alaikum ... 



Sabtu, 23 April 2016

Muslim Sejati, BANGGA pakai SIWAK?




Hay Gais..
Ehmm .. Hari ini gue mau ngeposting tentang keutamaan siwak. kenapa tiba-tiba gue ngeposting tentang siwak, itu karena akibat dari kegelisahan gue dalam kebiasaan bersikat gigi, dimana pada masa itu gue make sikat gigi  gusi gue selalu bedarah-darah bahkan bibir gue juga ikut lecet akhirnya gue sariawan berkepanjangan, gue langsung marah dan lempar sikat gigi tersebut dan akhirnya pergi meninggallkan dunia ini, hehe.

Okeh tanpa memperpanjang waktu lagi, langsung aja gue kenalin sama teman teman apa itu siwak..

Mungkin teman-teman beranggapan kalau memakia siwak itu udah ketinggalan zaman benget, kuno, dan gak gaul. wah belum tau ya..? makanya admin kasih tau nih tentang keutamaan memakai siwak. 

Siwak itu, ini dia gambarnya






Ini gambar lagi promosi siwak


Dan ini gambar gue lagi bersiwak, heheh.. yang penting sunah Rasulullah, iya nggak?



Okeh lanjut..

Siwak adalah dahan atau akar dari pohon arak salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. pohon ini banyak tumbuh di semenanjung arab dan mayoritas muslim disana menggunakan untuk menyikat gigi sehari-hari. selain itu faedah memakai siwak akan mendatangkan ridho Allah swt. Dalam sebuah hadit mengatakan 

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ “Siwak adalah pembersih bagi mulut; sesuatu yang membuat Allah ridho”. (HR. Ahmad)

selain itu juga ada beberapa hadits lagi tentang keutamaan siwak.

Keutamaan shalat dengan memakai siwak itu, sebanding dengan 70 kali shalat dengan tidak memakai siwak. (HR. Ahmad)

Satu kali anda bertasbih kepada Allah dengan diawali siwak, maka dihitung 70X bertasbih. Shalat dengan diawali siwak, akan terhitung 70X shalat. Dua rakaat shalat tahajjud diawali dengan siwak, maka dihitung 140 rakaat tahajjud.

Siwak juga merupakan salah satu toleransi yang diberikan bagi kita yang berpuasa, untuk dapat memakainya di siang hari tanpa merusak ibadah puasa kita. Di dalam Shahih Bukhari dari sahabat Amir bin Rabiah Radliyallahu Anhu ia berkata, “Saya melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membersihkan gigi beliau dengan siwak ketika beliau berpuasa, berulang kali, hingga saya tidak bisa menghitungnya.”

Udah  gimana Gays.. udah tau kan keutamaan siwak, itu hanya beberapa hadits saja dan masih banyak lagi hadits mengenai siwak.

Jadi, kita yang mengaku cinta kepada Rasulullah mari kita budayakan bersiwak, bukan berarti kita dilarang menggunakan sikat gigi atau yang lainnya dalam membersihkan gigi. Bahkan semua itu boleh, namun tentunya yang lebih utama adalah melazimi siwak, karena iya memiliki fadhilah yaitu membuat Allah ridho karena mengikuti sunah Nabi saw.

Selain itu juga, ada beberapa info mengenai tata cara bersiwak sesuai yang dilakukan orang kebanyakan.

1. Siwak yang sudah anda beli, jangan lansung dipakai, kupaslah terlebih dahulu  kulit dari stick siwak dengan cara dihilangkan atau dibuang hanya pada bagian ujung stick yang akan dipakai saja. Dan Ingat, jangan dikupas semua kulit siwak, kasiaan.

2. Lalu bagian ujung stick siwak yang sudah dihilangkan kulit luarnya digigit-gigit atau dikunyah-kunyah sampai berjumbai seperti berus, jangan dimakan apalagi ditelan, karena siwak bukan makanan.
 
3. Siwak yang kering dapat merusak gusi, sebaiknya direndam dalam air segar selama 1 hari sebelum digunakan.

4. Bagian siwak yang sudah seperti berus digosokkan pada gigi, dan bisa juga digunakan untuk membersihkan lidah. jangan sekali-kali digunakan untuk pembersih rumah.

6.Kalau siwak sudah mekar, dipotong, sisanya dipakai lagi.
 
Nah itulah yang bisa saya sampaikan mengenai cara menggunakan siwak yang baik dan denar. Mudah-mudahan bisa dipahami dan bermanfaat.
Oke, salam dari saya Jefrizal Artha.



Minggu, 27 September 2015

Terimakasih kembali kepada teman-teman yang sudah mengunjungi kembali blog gue ini.. semoga kalian gak pernah ada kata bosan baca cerita gue ini.. heheheh.
Oke hari ini gue akan menceritakan kisah gue diwaktu gue masih SMA dulu. Jujur ya.. dulu gue adalah seorang siswa yang sering terlambat masuk sekolah. Alasan kenapa gue sering terlambat itu karena setiap malamnya perut gue selalu kemasukan angin jahat, makanya kalau mau tidur gue selalu nungging untuk mengeluarkan angin  yang ada di dalam perut gue ini, dan  setiap kali nungging angin akan keluar dengan aman dan yang pastinya lancar, ga percaya.. coba aja dirumah, insyallah angin yang ada di perut anda akan melayang.. heheh
Tapi gara-gara melakukan tidur dengan posisi nungging ini akan memengaruhi tingkat  tidur seseoarng, yang dulu kebiasaan kurang nyenyak dalam tidur sekarang akan lebih nyenyak lagi dan tidur anda pun akan lebih lama, selama-lamanya.. hahah mati dong. Makanya,, itulah yang membut hari-hari gue bangun dengan kesiangan dan akhirnya sering  terlambat masuk sekolah. 
Pernah waktu itu gue hampir kesiangan banget datang kesekolah, disaat orang udah pada masuk sekolah, gue masih baru bangun dari tempat tidur, bayangkan..  gue hanya bisa bergegas kekamar mandi dan langsung melompat ke bak mandi yang ukurannya kecil banget saking kecilnya gue sampe kejepit. gue minta pertolongan tapi nggak mungkin. Jadi jalan satu satunya yang gue bisa hanyalah berdoa supaya gue dibebaskan dari musibah bak mandi tersubut. sambil berdoa “Bantu Jefri ya Alllah, Jefri lagi kejepit di bak mandi” tiba-tiba tanpa gue sadari ternyata doa gue diijabah juga, dengan datangnya semangat 45 gue sampe gue akhirnya bisa meloloskan diri. saking bersyukurnya gue sampe sujud syukur tapi gak mungkin karena didalam wc. Setelah selesai gue langsung ganti baju dan sarapan juga gak lupa. Dan langsung berangkat kesekolah dengan jalan kaki kerena sekolah dekat dari rumah.
 Disepanjang perjalanan rasa galau menghantui gue. gue takut terlambat dan  akan dihukum dengan tidak berperikemanusiaan,  Karna hari ini jam pertama yang ngajar adalah wali kelas gue yang galak banget.  Sesampainya ternyata benar wali kelas udah masuk. Gue merasa hidup ini tidak ada artinya lagi. Tetapi gue serahkan aja ini semua sama Allah mudah-mudahan gue gak disiksa seperti yang gue bayangin. Setelah itu gue beranikan diri untuk masuk dan ga lupa baca Basmallah terlebih dahulu karena memang gue adalah mahluk yang beriman jadi kalian ga usah heran.. Dan dipintu, tiba-tiba seisi ruangan pada liatin gue dgn tatapan yang mengherankan dan langsung ketawa seketika tanpa ada sebab, ternyata mereka pada ketawain gue itu karena satu hal gue salah pake dasi, yang gue pake  hari itu adalah dasi SD gue, dan  gara-gara itu citra gue sebagai siswa SMA jadi menurun. tapi ada baiknya juga, gue langsung disuruh  duduk sama wali kelas tanpa dihukum, gue heran ternyata membawa dasi SD itu bisa menyelamatkan hidup gue. tapi sudahlah gak usah difikirin yang penting gue  aman. Iya gak sih?



Hahaha,, Oke terimaksih.. cerita ini ga semuanya benar jadi ga usah terlalu serius ngebacanya,, santai ajah.. :D


                          Ini foto gue  dimasa SMA dulu..

Sabtu, 26 September 2015

       Oke teman-teman semuanya.. kali ini gue akan bercerita tentang sedikit hobi gue  yang suka menulis diary, kalian tau diary itu apa...? yang jelas itu  bukan diare ya, tolong bedakan.. Gue memulai karir gue didunia kepenulisan  ini karena berkat  kebosanan gue jadi seorang jomblo trus yang sukanya cuman main game doang  dan jaga ayam dirumah, itupun ayamnya masih tetap ilang ditelan kegelapan, bayangkan itu? Dari situlah  gue mulai berfikir kapan gue akan bangkit dan berubaah seperti  halnya orang kebanyakan, yang selalu mengalami peningkatan dihidupnya bukan kaya gue yang selalu tetap seperti ini trus semenjak gue dilahirkan. 
        Dan ternyata  setelah sekian lama gue berjuang dengan segenap jiwa dan raga gue dalam mencari makna kehidupan,  akhirnya gue  berubah juga, walaupun perubahan yang mendasar cuman bisa nulis cerita dalam satu kalimat doang, itupun  udah cukup bangga  bagi gue. tapi gue gak nyerah, malah berkat keseringan gue dalam mengulangi kebiasaan baru gue ini, akhirnya gue jadi hobi  banget dengn menulis, disaat gue memiliki pengalaman baru gue, gue pasti akan selalu menuangkannya dalam bentuk tulisan, sehingga kian lama tulisan yang gue tulispun kian banyak, dan akhirnya dapat dibukukan jadi Novel. Kerenkan..? 
        Makanya teman-teman yang hobi menulis, kembangkan aja bakatnya,  teruslah menulis, apapun itu yang kalian tulis jangan pernah ada kata bosan. Disaat kalian memiliki ide yang kalian dapatkan, langsung aja tulis jangan tunggu ide itu sampe hilang dan terbuang dengan sia-sia, Oke. Semangat trus menulis.. Insyallahallah sukses jadi penulis..


                                                Ini foto gue yang lagi diare..








                                Dan ini foto gue yang lagi nulis Diary..