Rabu, 29 Juli 2020

Keutamaan Hari Arafah





1. Hari di mana Allah menyempurnakan nikmat-Nya.
Dalilnya,
 عن طارق بن شهاب: قالت اليهودُ لعمرَ: لو علينا، معشرَ يهودٍ، نزلت هذه الآيةَ: الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا، نعلمُ اليومَ الذي أنزلت فيهِ، لاتَّخذنا ذلك اليومَ عيدًا . قال فقال عمرُ: فقد علمتُ اليومَ الذي أُنزلت فيهِ . والساعةَ . وأين رسولُ اللهِ ﷺ حين نزلت . نزلت ليلةَ جمعٍ ونحن مع رسولِ اللهِ ﷺ بعرفاتٍ .
Dari Thariq bin Syihab, bahwa orang-orang Yahudi berkata kepada Umar: Andaikan diturunkan ayat ini kepada kami kaum Yahudi: “Pada hari Ini telah Ku-sempurnakan untuk kalian agama kalian, dan telah Ku-cukupkan kepada kalian nikmatKu, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagi kalian." Jika kami mengetahui hari diturunkannya ayat itu pasti kami jadikan hari itu sebagai hari raya. Umar berkata, "Aku tahu hari dan saat turunnya ayat itu serta dimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat ayat itu turun, ayat itu turun pada malam berkumpul saat kami bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam di Arafah.
(Riwayat Muslim)

2. Hari Arafah termasuk hari 'id kaum muslimin.
Dalilnya,

 عن عقبة بن عامر رضي الله عنه  مرفوعاً بلفظ { يوم عرفة ويوم النحر وأيام التشريق عيدنا أهل الإسلام وهي أيام أكل وشرب } 
Dari 'Uqbah bin 'Amir radhiyallahu 'anhu secara marfu' dengan lafaz "Hari Arafah, hari Nahr dan hari-hari Tasyriq adalah hari raya kami orang Islam. Ia adalah hari makan dan minum."
(Riwayat Abu Daud dan At-Tirmidzi)

3. Hari di mana Allah banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka.
Dalilnya,

عن عائشة رضي الله عنها قالت : إن رسول الله ﷺ قال : ( ما مِن يوم أكثر من أن يعتق الله فيه عبداً من النار من يوم عرفة وإنه ليدنو ثم يباهي بهم الملائكة فيقول : ما أراد هؤلاء." .

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha beliau berkata, "sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
 "Tidak ada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari neraka selain hari Arafah. Sesungguhnya (pada hari itu) Allah mendekat dan membanggakan mereka kepada para malaikat, seraya berfirman, "Apa yang diinginkan mereka."
(Riwayat Muslim)

4. Sebaik-baik do'a adalah do'a di hari Arafah.
Dalilnya,

عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما أن النبي ﷺ قال : ( خير الدعاء دعاء يوم عرفة ، وخير ما قلت أنا والنبيّون من قبلي : لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، له الملك ، وله الحمد ، وهو على كل شيء قدير ) 

Dari 'Abdullah bin Amr bin 'Ash radhiyallahu 'anhuma bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
 "Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah. Sebaik-baik apa yang Aku ucapkan dan para Nabi sebelumku, *"Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa alaa kulli syai’in qodiir."*
(Riwayat At-Tirmizi)

5. Berpuasa di hari Arafah menggugurkan dosa setahun yang lalu dan yang akan datang.
Dalilnya,

عن أبي قتادة رضي الله عنه أن رسول الله ﷺ سئل عن صوم يوم عرفة فقال : ( يكفر السنة الماضية والباقية ) 

Dari Abu Qatadah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya tentang berpuasa di hari Arafah. Beliau menjawab, "(puasa Arafah) menghapuskan dosa setahun yang lalu dan yang akan datang" 
(Riwayat Muslim)

Wallahu A'lam

*⁦✒️⁩Al-Ustadz Irfandi Makku,Lc حفظه الله*

#KKN-DR2020
#DakwahdanPendidikan

1 komentar: